Wednesday, March 12, 2008

Belanja Kartu Kredit Mandiri Ditargetkan Tumbuh 70%

6 Februari 2008
detikfinance

Jakarta - PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) menargetkan pertumbuhan belanja kartu kredit sebesar 70% di 2008. Salah satunya didorong oleh kerjasama penerbitan kartu kredit co-branding dengan Hypermart, anak usaha PT Matahari Putra Prima Tbk (MPPA).

"Kerjasama dengan Hypermart akan mengkontribusikan 1/3 dari target pertumbuhan penjualan kartu kredit Mandiri. Tahun ini target kita tumbuh 70%," ujar Managing Director Consumer Finance BMRI, Omar S Anwar, usai penandatangan MoU dengan MPPA di Plaza Mandiri, Jl Gatot Subroto, Jakarta, Rabu (6/2/2008).

Pada tahun 2007, jumlah pengguna kartu kredit BMRI sebanyak 1,1 juta orang, dengan total volume penjualannya sebesar Rp 5,05 triliun.

"Untuk 2008, target pertumbuhan jumlah pengguna kartu kredit kita sebanyak 330 ribu, dengan pertumbuhan volume penjualan sebesar 70%, sehingga menjadi Rp 8,5 triliun," tutur Omar.

Melalui kerjasama penerbitan kartu kredit co-branding dengan Hypermart, BMRI menargetkan pertumbuhan jumlah kartu kredit sebesar 100 ribu kartu.

"Target kartu kredit co-branding kita dengan Hypermart sebanyak 100 ribu kartu untuk tahun pertama. Itu setara dengan 1/3 target pertumbuhan jumlah kartu kredit kita tahun ini," ulas Omar.

Omar menjelaskan, tingkat pembelanjaan kartu kredit BMRI paling besar adalah di supermarket, kemudian departemen store.

"Sekitar 35% di supermarket, dan 15% di departemen store. Sementara pengguna kartu Matahari ada 4,5 juta orang. Jadi ini kerjasama yang saling menguntungkan," ujar Omar.

Kontribusi kerjasama ini diharapkan mampu mencapai minimal Rp 600 miliar. "Jika minimal pengguna kartu belanja di Hypermart sebesar Rp 500 ribu/bulan dikalikan dengan 12 bulan, dikalikan dengan 100 ribu target pengguna kartu, maka minimal volume belanjanya bisa mencapai Rp 600 miliar," ujar Omar

No comments: